Rabu, 21 September 2011

7 Macam Alat-alat Musik Khas Melayu Riau

Nama alat-alat Musik Melayu :

1. Rebab
Termasuk alat musik kordofon (lute type) yang kegunaannya sebagai musik melody solo. Di jaman dahulu kala di Persia terdapat rebab bertali satu yang digunakan untuk mengiringi diklamasi yang disebut “rebab ul Shaer”.
Rebab berasal dari Timur Tengah, kemudian ke Persia dan India, barulah kemudiannya mencapai di kepulauan nusantara (Al-Farabi 870-950 M, di dalam bukunya “Kitab Al-Musiqi al Kabir”) pada abad 11 M, alat musik rebab telah dilukiskan pada dinding Candi Borobudur.
Perkataan rebab pada orang Arab adalah “rabab” yang disempurnakan dengan alat gesek, kemudian tersebar luas melalui Khalifah Islam di Cordoba (Spanyol) di abad ke 8 M. Lalu menyebar ke Eropah Barat sehingga berbentuk cello dan kemudian menjadi biola seperti yang diketahui sekarang. Melalui Turki dan Asia Tengah, ia masuk ke Persia, India, Tiongkok, kemudian ke Asia Tenggara.
Silahkan Download Document Lengkapnya Disini :
Here 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan NAMA (nick name) untuk memudahkan merespon komentar yang anda tuliskan, tanpa Nick Name kemungkinan besar tidak akan direspon. Komentar kasar, rasis, dan penghinaan serta menyertakan url kemungkinan tidak akan diloloskan. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

 
AYO VOTE KOMODO MENJADI 7 KEAJAIBAN DUNIA ! VOTE DENGAN 2 CARA. | MELALUI SMS : Ketik KOMODO kirim ke 9818 ( Tarif Rp. 1 )atau MELALUI WEBSITE RESMINYA : New 7 Wonders of Nature
Add Me On Your Facebook
Join SeGa_Likers di Facebook!